PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI DAUR HIUP HEWAN KLAS IV SDN 068008 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2019/2020

SINURAYA, SANDRIA CHRISTIANI BR, 1605030205 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI DAUR HIUP HEWAN KLAS IV SDN 068008 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (276kB)
[img] Text
BBA I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (541kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (662kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (282kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh pengguna model Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Pokok Bahasan Daur Hidup Hewan di Kelas IV SD Negeri 068008 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD N 068008 Medan tuntungan, yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 62 siswa yaitu 30 orang di kelas IVA dan 32 orang di kelas IVB. Teknik penggambilan sampel dengan menggunakan total sampling sehingga seluruh anggota populasi menjadi sampel penelitian. Berdasarkan hasil Pre Test ditemukan = 38,75 ; =41,5 dan sebaran data kedua kelas memiliki keampuan awal yang sama. Setelah kedua kelas dipastikan memiliki kemampuan awal yang sama maka ditetapkan kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas Eksperimen. Berdasarkan hasil perolehan data diketahui bahwa nilai post test : =69,09 ; =49,3. Uji prasyarat analisis hipotesis menggunakan uji normalitas liliefors dan uji homogenitas uji F. Hasil analisis menunjukkan kedua kelas normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh t hitung = 12,78 > t = 2,00 dengan demikian Ho yang menyatakan Tidak ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inquiri terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi daur hidup hewan SDN 068008 Medan Tuntungan ditolak dan sebaliknya Ha yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inquiri terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi daur hidup hewan SDN 068008 Medan Tuntungan diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahawa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inquiri terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi daur hidup hewan SDN 068008 Medan Tuntungan TA 2019/2020

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Inquiry Learning Method Toward The Study's Result
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJainal B.Togatorop, M.Pd-NIDN. 0124028702
Pembimbing IIFrikson Jony Purba, S.Si., M.Pd-NIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:29
Last Modified: 24 Feb 2021 03:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1054

Actions (login required)

View Item View Item