BARUS, HATTMA PERBINA BR, 1605030346 (2020) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 101926 LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan adari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa di matematika, kemudian Penelitin melakukan wawancara untuk mengetahui kesulitan belajar siswa di Sekolah Dasar Matematika IV Kelas IV 101926 Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan maksud untuk dapat mengungkapkan dengan cermat kesulitan siswa dalam Matematika. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa kesulitan yang dialami oleh SD Negeri IV 101926 Lubuk Pakam dalam belajar matematika adalah siswa tidak menghafal perkalian dan pembagian yang merupakan akar dari pembelajaran matematika. Siswa tidak memahami materi pecahan, siswa tidak mengulang belajar matematika di rumah, dan guru tidak menggunakan media saat mengajar matematika. Sedangkan faktor-faktor yang siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika adalah siswa tidak memahami kesulitan apa yang mereka hadapi ketika belajar matematika, guru tidak memberikan pendekatan kepada siswa tentang kesulitan belajar yang mereka hadapi, dan siswa tidak tertarik dalam belajar matematika. Dan solusi yang disarankan oleh peneliti untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di Matematika IV Kelas 101926 Lubuk Pakam adalah dengan memberikan motivasi saat mengajar matematika sehingga siswa antusias, menggunakan media pembelajaran saat mengajar pembelajaran matematika, menggunakan buku bacaan yang menarik sehingga siswa tertarik dalam belajar matematika, menjadi guru yang menyenangkan untuk belajar matematika dan menyediakan fasilitas belajar bagi siswa untuk menjadi antusias belajar matematika.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Difficulties in Mathematics | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2021 08:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2021 08:26 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1059 |
Actions (login required)
View Item |