ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI BENCANA ALAM DI INDONESIA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SDN 046421 KUBU SIMBELANG TAHUN AJARAN 2019/2020

GINTING, HESMAYANA BR, 1605030022 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI BENCANA ALAM DI INDONESIA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SDN 046421 KUBU SIMBELANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (610kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (290kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (581kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (173kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan,kesulitan dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi bencana alam di Indonesia pada materi IPA kelas III SDN 046421 Kubu Simbelang Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi berjumlah 25 siswa dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil tes pada penelitian ini diperoleh kemampuan siswa dalam memahami materi bencana alam di Indonesia pada materi IPA kelas III SDN 046421 Kubu Simbelang Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai rata-rata 40.32 masuk dalam kriteria sangat kurang, dengan kesulitan siswa dalam memahami materi bencana alam di Indonesiaa pada materi IPA Kelas III SDN 046421 Kubu Simbelang Tahun Ajaran 2019/2020 pada soal 2, 3, 4, 5 dengan persentase kesulitan berkriteria tinggi. Dan faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi bencana alam di Indonesia pada materi IPA kelas III SDN 046421 Kubu Simbelang Tahun Ajaran 2019/2020 ialah rasa ketidaktertarikan siswa untuk belajar di rumah maupun di kelas, kurangnya pengunaan media dan model pembelajaran yang relevan saat mengajar.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Natural disaster material in Indonesia,Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISiti Rakiyah, S.Pd.,M.Hum-NIDN. 0110058507
Pembimbing IIRinci Simbolon, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 24 Feb 2021 08:48
Last Modified: 24 Feb 2021 08:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1061

Actions (login required)

View Item View Item