TARIGAN, SENIMAN, 1605030367 (2020) ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 105316 BERANTI TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (284kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (418kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (457kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (835kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (377kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1). Untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V di SD Negeri 105316 Beranti Tahun Ajaran 2019/2020. (2). Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V di SD Negeri 105316 Beranti Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 105316 Beranti Tahun Ajaran 2019/2020 pada tanggal 16 Juli 2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 105316 Beranti Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji rata-rata dan presentase. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah: (1). Gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V di SD Negeri 105316 Beranti diperoleh nilai 39,75 dan termaksud dalam kategori kurang baik. (2). Faktor yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V di SD Negeri 105316 Beranti Tahun Ajaran 2019/2020 adalah siswa tidak menyukai pembelajaran IPA, siswa tidak senang saat belajar IPA, siswa beranggapan pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang membosankan, siswa menyatakan saat pembelajaran IPA ia akan tidak pernah mengajukan pertanyaan dan siswa menyatakan tidak tertarik dengan pembelajaran.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Causes of Low Interest in Learning | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2021 09:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2021 09:17 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1063 |
Actions (login required)
View Item |