ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL PENJUMLAHAN PECAHAN DENGAN PENYEBUT BERBEDA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 105316 BERANTI TAHUN AJARAN 2019/2020

GINTING, EWANDYARTHO, 1605030265 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL PENJUMLAHAN PECAHAN DENGAN PENYEBUT BERBEDA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 105316 BERANTI TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (305kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (435kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (815kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (403kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda pada pelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 105316 Beranti. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri 105316 Beranti dalam mengerjakan soal penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda diperoleh nilai 69,5 dan termaksud dalam kategori kurang mampu, sedangkan kesulitan yang dihadapi siswa dalam mengerjakan soal matematika dengan materi pecahan dengan penyebut yang berbeda pada mata pelajaran matematika, dimana siswa tidak dapat mengerjakan soal pecahan dengan penyebut berbeda pada nomor 4 dan 5. Dan faktor eksternal penyebab siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda, dikarenakan pembelajaran yang dilakukan guru jarang menggunakan media pembelajaran saat mengajar pembelajaran matematika, sehingga siswa mengantu saat proses pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal yang menyebabkan siswa kesulitan mengerjakan soal pecahan dengan penyebut yang berbeda dikarenakan siswa tidak suka pembelajaran matematika karena dianggap membosankan, siswa juga tidak mengulang pembelajaran yang telah dipelajari di sekolah saat berada di rumah, siswa tidak mengerti mengenai bilangan pecahan dan menyerderhanakan pecahan, sehingga mengakibatkan siswa tidak menyukai materi pecahan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Difficulties, Fractions with Different Denominators
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IIrwansyah, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0115098701
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 24 Feb 2021 09:24
Last Modified: 24 Feb 2021 09:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item View Item