GINTING, EWANDYARTHO, 1605030265 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL PENJUMLAHAN PECAHAN DENGAN PENYEBUT BERBEDA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 105316 BERANTI TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (305kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (435kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (815kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (403kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda pada pelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 105316 Beranti. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri 105316 Beranti dalam mengerjakan soal penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda diperoleh nilai 69,5 dan termaksud dalam kategori kurang mampu, sedangkan kesulitan yang dihadapi siswa dalam mengerjakan soal matematika dengan materi pecahan dengan penyebut yang berbeda pada mata pelajaran matematika, dimana siswa tidak dapat mengerjakan soal pecahan dengan penyebut berbeda pada nomor 4 dan 5. Dan faktor eksternal penyebab siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda, dikarenakan pembelajaran yang dilakukan guru jarang menggunakan media pembelajaran saat mengajar pembelajaran matematika, sehingga siswa mengantu saat proses pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal yang menyebabkan siswa kesulitan mengerjakan soal pecahan dengan penyebut yang berbeda dikarenakan siswa tidak suka pembelajaran matematika karena dianggap membosankan, siswa juga tidak mengulang pembelajaran yang telah dipelajari di sekolah saat berada di rumah, siswa tidak mengerti mengenai bilangan pecahan dan menyerderhanakan pecahan, sehingga mengakibatkan siswa tidak menyukai materi pecahan.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Difficulties, Fractions with Different Denominators | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2021 09:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2021 09:24 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1064 |
Actions (login required)
View Item |