SEBAYANG, STEVANI EDI SURANTA, 1605030315 (2020) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS SD NEGERI 040570 TIGA BINANGA T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 040570 Tiga Binanga.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas V SD Negeri 040570 Tiga Binanga 2019/2020. Teknik pengumulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefesien korelasi (r) = r = 0,40 dimana nilai tersebut menjelaskan adanya pengaruh positif antara disiplin belajar anak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 040570 Tiga Binanga. Dari hasil pengujian data diperoleh nilai r hitung dan r tabel sebesar dan > 1,701. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) dinyatakan ditolak, sedangkan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima, artinya terdapat hubungan dari disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa murid kelas V SD Negeri 040570 Tiga Binanga memiliki korelasi yang cukup, gambaran disiplin siswa yang cukup baik dilihat dari nilai skor angket yang dibagikan kepada siswa dengan rata-rata 67 yang menunjukkan bahwa disiplin belajar yang cukup baik, dan Dari hasil belajar IPS siswa tersebut dapat kita lihat bahwa nilai IPS siswa baik dilihat dari rata – rata nilai kelas dengan nilai 82 yang memenugi KKM belajar yang ditentukan hal ini menunjukkan nilai hasil belajar siswa yang baik.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | The Relationship of Learning Discipline to Student Learning Outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2021 02:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Feb 2021 02:01 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1065 |
Actions (login required)
View Item |