HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS SD NEGERI 040570 TIGA BINANGA T.A 2019/2020

SEBAYANG, STEVANI EDI SURANTA, 1605030315 (2020) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS SD NEGERI 040570 TIGA BINANGA T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 040570 Tiga Binanga.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas V SD Negeri 040570 Tiga Binanga 2019/2020. Teknik pengumulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefesien korelasi (r) = r = 0,40 dimana nilai tersebut menjelaskan adanya pengaruh positif antara disiplin belajar anak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 040570 Tiga Binanga. Dari hasil pengujian data diperoleh nilai r hitung dan r tabel sebesar dan > 1,701. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) dinyatakan ditolak, sedangkan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima, artinya terdapat hubungan dari disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa murid kelas V SD Negeri 040570 Tiga Binanga memiliki korelasi yang cukup, gambaran disiplin siswa yang cukup baik dilihat dari nilai skor angket yang dibagikan kepada siswa dengan rata-rata 67 yang menunjukkan bahwa disiplin belajar yang cukup baik, dan Dari hasil belajar IPS siswa tersebut dapat kita lihat bahwa nilai IPS siswa baik dilihat dari rata – rata nilai kelas dengan nilai 82 yang memenugi KKM belajar yang ditentukan hal ini menunjukkan nilai hasil belajar siswa yang baik.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Relationship of Learning Discipline to Student Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ITina Sheba Cornelia, M.Pd-NIDN. 0120058705
Pembimbing IIJainal B Togatorop, M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 25 Feb 2021 02:01
Last Modified: 25 Feb 2021 02:01
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item View Item