ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA PADA METERI PERKALIAN BILANGAN BULAT PADA KELAS IV SD SWASTA GALILEA HOSANA SCHOOL MEDAN T.A 2020/2021

SILAEN, ANES YOHANA BR, 1605030323 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA PADA METERI PERKALIAN BILANGAN BULAT PADA KELAS IV SD SWASTA GALILEA HOSANA SCHOOL MEDAN T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan dan faktor penyebab yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada tes harian matematika. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Galilea Hosana School yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data melalui metode alur yang terdiri dari pengumulan data, tahap penyajian data dan penarik kesimpulan.hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 53,85% siswa kesulitan dalam mengerjakan soal perkalian bilangan bulat dan 46,15% siswa tidak mengalami kesulitan yang signifikan dalam melakukan perkalian bilangan bulat. Dari hasil data tes diperoles siswa mengalami kesulitan-kesulitan dalam pemahaman. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika terdiri dari dua yaitu faktor internal dam faktor eksternal. Dimana faktor internal angapan yang salah terhadap matematika, kurangnya pemahamn siswa , minimnya pengetahuan dasar siswa, ketidaktelitian siswa dalam menjawab pertanyaan. Sedangkan faktor eksternal yaitu memberikan banyak latihan soal matematika, menjelaskan kembali keadaan siswa yang belum mengerti secara perindividu, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Dalam membentuk pola pengajaran matematika, guru hendaknya tidak hanya melihat kesulitan siswa dalam mengerjakan soal, tetai juga mengetahui faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan menyelesaika soal tentang perkalian bilangan bulat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning difficulties, integer multiplication.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Hartono S, M.Pd-NIP. 195706191990031001
Pembimbing IIHasni Suciawati, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 25 Feb 2021 02:15
Last Modified: 25 Feb 2021 02:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1066

Actions (login required)

View Item View Item