ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD NEGERI 060895 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

PINEM, GLORI EGIANA BR, 1605030266 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD NEGERI 060895 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan siswa dalam menulis deskripsi, kesulitan siswa menulis deskripsi, serta faktor apa saja yang menjadi penyebab siswa kesulitan menulis deskripsi Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2020 di SD negeri 060895 Medan dengan populasi seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa dan sekaligus menjadi sampel penelitian. Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Kemampuan siswa dalam menulis deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia adalah 37,25%% maka dapat dinyatakan kelas V di SD negeri 060895 Medan tidak mampu menulis deskripsi. Kesulitan yang dihadapi siswa berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan adalah bahwa siswa mengalami kesulitan saat menulis deskripsi. Kesulitan itu terletak pada indikator jumlah kata. Faktor penyebabnya yaitu faktor internal yaitu kurangnya minat siswa dalam menulis dan kurangnya kreatifitasan siswa dalam menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan, sedangkan faktor eksternal yaitu guru yang kurang maksimal mengembahkan kemampuan menulis siswa sehingga siswa tidak suka menulis.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: difficulty analysis, writing, Bahasa Indonesia.
Subjects: 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IISiti Rakiyah, S.Pd., M.Hum-NIDN. 0110058507
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 25 Feb 2021 02:30
Last Modified: 25 Feb 2021 02:30
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1067

Actions (login required)

View Item View Item