TARIGAN, NOVA ELYANI BR, 1505030158 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 046420 SINGA T.P 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (582kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
BAB III - V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (13MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (775kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaranKooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 046420 Singa, yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III berjumlah 26 orang, dan objek penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sifat-Sifat Benda di kelas III SD Negeri 046420 Singa Tahun Pelajaran 2018/2019.Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda yang dibatasipadaranahkognitif C1dan C2. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 29,66% dari nilai 59,5% menjadi 77,15%, aktivitas siswa meningkat 28,78% dari nilai 66 menjadi 85 ketuntasan individu mencapai nilai KKM yaitu 65, secara klasikal meningkat 43,74% dari 61,54% menjadi 88,46% yang tuntas, dan nilai rata-rata meningkat 11,23% dari 68,46 menjadi 76,15.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Type Jigsaw Cooperative Learning Model | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2020 03:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Mar 2021 09:08 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/107 |
Actions (login required)
View Item |