MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 046420 SINGA T.P 2018/2019

TARIGAN, NOVA ELYANI BR, 1505030158 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 046420 SINGA T.P 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (582kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (775kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaranKooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 046420 Singa, yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III berjumlah 26 orang, dan objek penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sifat-Sifat Benda di kelas III SD Negeri 046420 Singa Tahun Pelajaran 2018/2019.Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda yang dibatasipadaranahkognitif C1dan C2. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 29,66% dari nilai 59,5% menjadi 77,15%, aktivitas siswa meningkat 28,78% dari nilai 66 menjadi 85 ketuntasan individu mencapai nilai KKM yaitu 65, secara klasikal meningkat 43,74% dari 61,54% menjadi 88,46% yang tuntas, dan nilai rata-rata meningkat 11,23% dari 68,46 menjadi 76,15.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Type Jigsaw Cooperative Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIDra. Elisa, M-NIP. 196106011988012001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:22
Last Modified: 19 Mar 2021 09:08
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item