ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 173593 PARSOBURAN TAHUN AJARAN 2019/2020

SIPAHUTAR, HELDRO PIONO, 1605030020 (2020) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 173593 PARSOBURAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa, dan untuk mengetahui apa faktor-faktor penyebab ketidakpahaman siswa tentang materi rangka manusia pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 173593 Parsoburan. Penelitian di laksanakan di SD Negeri 173593 Parsoburan Tahun Ajaran 2019/2020 pada tanggal 20 Juli 2020, yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 173593 Parsoburan berjumlah 25 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus rata-rata, kriteria penilaian tes, dan rumus presentase. Hasil penelitian yang diperoleh; (1) Pemahaman siswa menyelesaikan soal materi rangka manusia diperoleh rata rata 40,80 dan termasuk pada kriteria rendah, (2) Faktor yang menyebabkan siswa tidak paham pada materi rangka manusia di kelas IV SD Negeri 173593 Parsoburan Tahun Ajaran 2019/2020 yaitu siswa tidak paham mengenai materi rangka manusia, rendahnya minat siswa dalam belajar IPA dan kurangnya mengulang pembelajaran di rumah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Students' Understanding of Natural Sciences, Human Skills.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Pd-NIP. 196702251998012001
Pembimbing IIR.L. Parhusip, M.Pd-NIDN. 0128098002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:44
Last Modified: 25 Feb 2021 03:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1071

Actions (login required)

View Item View Item