HUBUNGAN TINGKAT KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS IV SD NEGERI 050607 BALAI KASIH TP 2019/2020

SURBAKTI, YANDRA LUCKYTA, 1605030258 (2020) HUBUNGAN TINGKAT KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS IV SD NEGERI 050607 BALAI KASIH TP 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar IPA di kelas IV SD Negeri 050607 Balai Kasih TP 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan metode dokumentasi untuk menggali data tentang prestasi dan disiplin belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 050607 Balai Kasih Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 37 orang dan sekaligus menjadi sampel penelitian yang dipilih dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh dimasukkan dalam Rumus korelasi pearson dengan uji prasyarat kedua data normal dan linier. Hasil Analisis statistik membuktikan bahwa korelasi dari kedua variabel yaitu variable kedisiplinan dan prestasi belajar bersifat positif, artinya apabila variabel kedisiplinan (independent) meningkat maka akan disertai oleh meningkatnya variabel prestasi belajar (dependent), korelasi yang terjadi berada dalam kategori kuat dengan persentase sumbangan variable kedisiplinan terhadap prestasi belajar r2 = 41,60%. Dengan demikian diketahui bahwa 41,60% variasi dari variabel prestasi belajar dapat diterangkan dengan variabel kedisiplinan; sedang sisanya 58,40% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak diketahui atau variabilitas yang inheren. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar IPA di kelas IV SD Negeri 050607 Balai Kasih TP 2019/2020

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discipline, Science Achievement
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJainal B.Togatorop, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0124028702
Pembimbing IIFrikson Jony Purba, S.Si., M.Pd-NIDN. 010408701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 25 Feb 2021 04:00
Last Modified: 25 Feb 2021 04:00
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1073

Actions (login required)

View Item View Item