TARIGAN, MANTAN IRAWAN, 1605030247 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENJELASKAN MATERI PEMBELAJARAN RANTAI MAKANAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 104253 NEGARA BRIGIN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (325kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (458kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (623kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (415kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahuikemampuan siswa dalam menjelaskan tentang rantai makanan pada ekosistem sawah, laut dan hutan di kelas IV SD Negeri 104253 Negara Brigin Tahun Pelajaran 2019/2020. (2). Untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menjelaskan tentang rantai makanan pada ekosistem sawah, laut dan hutan di kelas IV SD Negeri 104253 Negara Brigin Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104253 Negara Brigin Tahun Ajaran 2019/2020, pada tanggal 25 dan 27 Juli 2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104253 Negara Brigin Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji rata-rata dan presentase. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah: (1). Kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 104253 Negara Brigin dalam menjelaskan tentang rantai makanan pada ekosistem sawah dan hutan mata pelajaran IPA diperoleh nilai 61,67 dan termaksud dalam kategori kurang mampu. (2). Kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi rantai makanan pada ekosistem sawah dan hutan mata pelajaran IPA dikarenakan pembelajaran yang dilakukan guru belum maksimal sehingga membuat siswa merasa tidak tertarik atau bosan dalam pelajaran IPA pada materi rantai makanan, siswa tidak memahami apa yang dimaksudkan dengan rantai makanan, siswa kurang berminat pada mata pelajaran IPA, siswa tidak suka pelajaran IPA, siswa juga tidak mengulang pembelajaran IPA yang telah dipelajari di sekolah saat berada di rumah.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Difficulties, Meaning Chain | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2021 04:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Feb 2021 04:29 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1075 |
Actions (login required)
View Item |