ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM BELAJAR IPS DENGAN MATERI USAHA EKONOMI DI KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2019/2020

GINTING, ROMEO AMEGO, 1605030338 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM BELAJAR IPS DENGAN MATERI USAHA EKONOMI DI KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan dan faktor penyebab yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data melalui metode alur yang terdiri dari pengumulan data, tahap penyajian data dan penarik kesimpulan.hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 66,67% siswa kesulitan dalam mengerjakan soal usaha ekonomi dan 33,33% siswa tidak mengalami kesulitan yang signifikan dalam melakukan usaha ekonomi. Dari hasil data tes diperoles siswa mengalami kesulitan-kesulitan dalam pemahaman. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal IPS terdiri dari dua yaitu faktor internal dam faktor eksternal. Dimana faktor internal angapan yang salah terhadap IPS, kurangnya pemahamn siswa, minimnya pengetahuan dasar siswa, ketidaktelitian siswa dalam menjawab pertanyaan. Sedangkan faktor eksternal yaitu memberikan banyak latihan soal IPS, menjelaskan kembali keadaan siswa yang belum mengerti secara perindividu, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Dalam membentuk pola pengajaran IPS, guru hendaknya tidak hanya melihat kesulitan siswa dalam mengerjakan soal, tetai juga mengetahui faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal tentang usaha ekonomi.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulties, Economic Endeavords.
Subjects: 300 Sosial Science > 330 Economics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pd-NIDN. 0103118701
Pembimbing IIRupina M.Br. Tarigan, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:52
Last Modified: 26 Feb 2021 02:52
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1077

Actions (login required)

View Item View Item