SIAHAAN, ELSAWANTI, 1605030214 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PEMBAGIAN PECAHAN CAMPURAN SISWA KELAS V SD NEGERI 060891 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan belajar, kesulitan belajar, dan faktor penyebab kesulitan matematika pada materi pembagian pecahan campuran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskripsi kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri 060891 Medan. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060891 Medan yang berjumlah 27 siswa dan sekaligus sebagai sampel dalam penelitian. Kemudian teknik pengumpul data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data adalah persentase dan rata-rata. Berdasarkan analisis yang diperoleh: (1) kemampuan pembagian pecahan campuran siswa kelas V SD Negeri 060891 Medan diperoleh rata-rata 54,42 itu termasuk pada kriteria kurang mampu, (2) kesulitan yang dilakukan siswa, yaitu perkalian dan merubah pecahan campuran ke pecahan biasa, (3) faktor penyebab kesulitan siswa belajar matematika pembagian pecahan campuran adalah siswa kurang aktif saat pembelajaran, siswa tidak menyukai pembelajaran matematika sehingga siswa merasa bosan saat pembelajaran pembagian pecahan campuran. Sebagian siswa saat mengerjakan PR dirumah tidak dibantu oleh orang tua.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis learning difficulties, and fraction division | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2021 04:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Feb 2021 04:21 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1079 |
Actions (login required)
View Item |