ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PEMBAGIAN PECAHAN CAMPURAN SISWA KELAS V SD NEGERI 060891 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

SIAHAAN, ELSAWANTI, 1605030214 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PEMBAGIAN PECAHAN CAMPURAN SISWA KELAS V SD NEGERI 060891 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan belajar, kesulitan belajar, dan faktor penyebab kesulitan matematika pada materi pembagian pecahan campuran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskripsi kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri 060891 Medan. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060891 Medan yang berjumlah 27 siswa dan sekaligus sebagai sampel dalam penelitian. Kemudian teknik pengumpul data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data adalah persentase dan rata-rata. Berdasarkan analisis yang diperoleh: (1) kemampuan pembagian pecahan campuran siswa kelas V SD Negeri 060891 Medan diperoleh rata-rata 54,42 itu termasuk pada kriteria kurang mampu, (2) kesulitan yang dilakukan siswa, yaitu perkalian dan merubah pecahan campuran ke pecahan biasa, (3) faktor penyebab kesulitan siswa belajar matematika pembagian pecahan campuran adalah siswa kurang aktif saat pembelajaran, siswa tidak menyukai pembelajaran matematika sehingga siswa merasa bosan saat pembelajaran pembagian pecahan campuran. Sebagian siswa saat mengerjakan PR dirumah tidak dibantu oleh orang tua.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis learning difficulties, and fraction division
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISiti Zahara H. Harahap, M.Pd-NIDN. 0114070882
Pembimbing IIJainal B Togatorop, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Feb 2021 04:21
Last Modified: 26 Feb 2021 04:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item View Item