PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA PADA PELAJARAN IPA PADA KELAS V SD NEGERI 065013 MEDAN T.A 2020/2021

TARIGAN, SRI DEVI ULINA BR, 1605030304 (2020) PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA PADA PELAJARAN IPA PADA KELAS V SD NEGERI 065013 MEDAN T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan dan pemahaman yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada tes harian IPA. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 065013 Medan yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data melalui metode alur yang terdiri dari pengumulan data, tahap penyajian data dan penarik kesimpulan.hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 58,33% siswa kesulitan dalam mengerjakan soal perubahan sifat benda dan 41,67% siswa tidak mengalami kesulitan yang signifikan dalam melakukan perubahan sifat benda. Dari hasil data tes diperoles siswa mengalami kesulitan-kesulitan dalam pemahaman. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal IPA terdiri dari dua yaitu faktor internal dam faktor eksternal. Dimana faktor internal angapan yang salah terhadap IPA, kurangnya pemahamn siswa , minimnya pengetahuan dasar siswa, ketidaktelitian siswa dalam menjawab pertanyaan. Sedangkan faktor eksternal yaitu memberikan banyak latihan soal IPA, menjelaskan kembali keadaan siswa yang belum mengerti secara perindividu, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Dalam membentuk pola pengajaran IPA, guru hendaknya tidak hanya melihat kesulitan siswa dalam mengerjakan soal, tetai juga mengetahui faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan menyelesaika soal tentang perubahan sifat benda.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Understanding, Change in the Nature of Things
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Dr. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IITina Sheba Cornelia, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:01
Last Modified: 26 Feb 2021 07:01
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item