PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS IVSDN 105386 TANJUNG SIPORKIS T.A 2019/2020

HASIBUAN, ELVI AGUSTINA, 1605030349 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS IVSDN 105386 TANJUNG SIPORKIS T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pembelajaran kurang menarik, kurangnya minat siwa dalam belajar PPKn materi macam-macam ras di Indonesia dan masih rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SDN 105386 Tanjung Siporkis pada tanggal 14-16 Maret 2020. Sebagai Populasi adalah siswa kelas IVA dan siswa kelas IVB dengan jumlah siswa kelas IVA 26 orang dan Kelas IVB ada 22 orang. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk essay. Dari analisis data dan hipotesis; (1) diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Talking stick pada materi macam-macam ras di Indonesia di kelas IV SD Negeri 105386 Tanjung Siporkis diperoleh nilai rata-rata adalah 76,73. (2) Hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensionalpada materi macam-macam ras di Indonesia menggunakan di kelas IVSD Negeri 105386 Tanjung Siporkis diperoleh nilai rata-rata adalah 64,09. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Talking stick terhadap hasil belajar siswa dalam materi Macam-macam Ras di Indonesia pada mata pembelajaran PPKn di kelas IV SDN 105386 Tanjung Siporkis Tahun Ajaran 2019/2020..

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Model Taling Stick Learning Outcomes PPKn
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IGemala Widiyarti, M.Pd-NIDN. 0123098602
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:15
Last Modified: 26 Feb 2021 07:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1084

Actions (login required)

View Item View Item