ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA DI KELAS IV SD SWASTA GKPS PASAR III NAMORAMBE T.A 2019/2020

GINTING, MENTARI JOVANI SANIKA BR, 1605030156 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA DI KELAS IV SD SWASTA GKPS PASAR III NAMORAMBE T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (728kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (634kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (948kB)
[img] Text
BAB II-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (988kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (623kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan kesulitan siswa dalam mempelajari materi Gaya dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari materi Gaya pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe T.A 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe T.A 2019/2020 tanggal 16-18 Maret. Populasi sekaligus sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe yang berjumlah 60 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) hasil belajar siswa dalam mempelajari materi Gaya, memperoleh nilai rata-rata 51,07 yang tergolong kategori tidak mampu, (2) Kesulitan siswa dalam mempelajari materi Gaya, siswa kurang memahami materi tentang Gaya, sehingga kemampuan siswa dalam menyelesaikan tes materi Gaya masih rendah/tidak mampu, dan (3) faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam materi Gaya ialah karena siswa kurang menyukai mata pelajaran IPA, siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran tersebut dan tidak memperhatikan gurunya pada saat pelaksanaan proses belajar mengajar di dalam kelas. Guru kurang maksimal dalam memotivasi dan mengajarkan materi Gaya kepada siswa sehingga siswa cepat lupa dan tidak mengulanginya lagi di rumahnya.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning outcomes, difficulty, style material
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Pd-NIP. 196702251998012001
Pembimbing IIIrwansyah, M.Pd-NIDN. 0115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:55
Last Modified: 26 Feb 2021 07:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item