ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS V SD SWASTA GKPS PASAR III NAMORAMBE T.A 2019/2020

HUTAHAEAN, JOHANNA, 1605030302 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS V SD SWASTA GKPS PASAR III NAMORAMBE T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (792kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (417kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (400kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (209kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan siswa pada materi perubahan wujud benda serta faktor penyebab kesulitan siswa dalam materi perubahan wujud benda di kelas V SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe T.A 2019/2020. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe siswa tersebut terdiri dari 50 siswa. Data yang dikumpulkan melalui pemberian tes dan wawancara kepada siswa. Berdasarkan hasil analisis data peneliti memperoleh: (1) kemampuan siswa dalam materi perubahan wujud benda di kelas V SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe T.A 2019/2020 adalah berkriteria kurang mampu dengan nilai rata-rata 23,12, (2) kesulitan siswa dalam materi perubahan wujud benda di kelas V SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe T.A 2019/2020 adalah dilihat dari banyaknya kesalahan siswa dalam menjawab soal tes yang diberikan, dan (3) faktor penyebab kesulitan siswa dalam materi perubahan wujud benda di kelas V SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe T.A 2019/2020 adalah karena banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran IPA khususnya materi perubahan wujud benda, siswa selalu bersikap tidak mau tahu akan materi yang dipelajari di kelas, siswa sering tidak memperhatikan saat gurunya mengajar didalam ruangan kelas. Selain itu, guru kurang memperhatikan siswa didalam kelas saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Students Learning Difficulties, Natural Science Subject, Changing Object Matery.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IGemala Widiyarti, M.Pd-NIDN. 0123098602
Pembimbing IIIrwansyah, M.Pd-NIDN. 0115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Feb 2021 08:09
Last Modified: 26 Feb 2021 08:09
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item View Item