HUTAHAEAN, JOHANNA, 1605030302 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS V SD SWASTA GKPS PASAR III NAMORAMBE T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (792kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (312kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (331kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (417kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (400kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (209kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan siswa pada materi perubahan wujud benda serta faktor penyebab kesulitan siswa dalam materi perubahan wujud benda di kelas V SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe T.A 2019/2020. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe siswa tersebut terdiri dari 50 siswa. Data yang dikumpulkan melalui pemberian tes dan wawancara kepada siswa. Berdasarkan hasil analisis data peneliti memperoleh: (1) kemampuan siswa dalam materi perubahan wujud benda di kelas V SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe T.A 2019/2020 adalah berkriteria kurang mampu dengan nilai rata-rata 23,12, (2) kesulitan siswa dalam materi perubahan wujud benda di kelas V SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe T.A 2019/2020 adalah dilihat dari banyaknya kesalahan siswa dalam menjawab soal tes yang diberikan, dan (3) faktor penyebab kesulitan siswa dalam materi perubahan wujud benda di kelas V SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe T.A 2019/2020 adalah karena banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran IPA khususnya materi perubahan wujud benda, siswa selalu bersikap tidak mau tahu akan materi yang dipelajari di kelas, siswa sering tidak memperhatikan saat gurunya mengajar didalam ruangan kelas. Selain itu, guru kurang memperhatikan siswa didalam kelas saat proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Students Learning Difficulties, Natural Science Subject, Changing Object Matery. | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2021 08:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Feb 2021 08:09 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1087 |
Actions (login required)
View Item |