ANALISIS KESULITAN SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SEMBIRING, SANTI BR, 1605030307 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (604kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (604kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (604kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (605kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (604kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa, untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa serta faktor penyebab kesulitan siswa pada materi perubahan wujud benda mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 065015 Medan tuntungan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 065015 medan Tuntungan pada tanggal 5 Agusutus 2020 tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa yang memperoleh nilai dibawah standar kriteria ketuntasan minimal pada pelaksanaan tes awal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 065015 Medan tuntungan berjumlah 25 orang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh kemampuan dalam memahami materi perubahan wujud benda berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan diperoleh nilai 54,60 yang berkategori kurang mampu. Sedangkan kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi perubahan wujud benda pada pelajaran IPA pada tes soal nomor 2 dan 5, yaitu siswa tidak memahami sifat-sifat perubahan wujud benda. Adapun faktor kesulitan siswa dalam memahami materi perubahan wujud benda berdasarkan wawancara.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Difficulties, changes in form
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IFrikson Jony Purba, S.Si., M.Pd-NIDN. 0104048701
Pembimbing IIRupina M.Br. Tarigan, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Feb 2021 09:03
Last Modified: 26 Feb 2021 09:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1089

Actions (login required)

View Item View Item