SALSALLINA, DEBORA, 1605030287 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MATERI SATUAN PANJANG KELAS IV DI SD KATOLIK 3 LAU BALENG TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan dalam menyelesaikan soal satuan panjang di kelas IV SD Katolik 3 Lau Baleng, dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kesulitan dalam menyelesaikan soal satuan panjang siswa kelas IV SD Katolik 3 Lau Baleng Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan di SD Katolik 3 Lau Baleng. Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020 pada tanggal 10 Juli 2020, yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD Katolik 3 berjumlah 25 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus persentase, rumus rata-rata dan rumus kriteria penilaian tes. Hasil penelitian yang diperoleh; (1) Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal materi satuan panjang di kelas IV SD Katolik 3 Lau Baleng Tahun Ajaran 2019/2020 yaitu kurangnya pemahaman cara penyelesaian soal satuan panjang dan siswa tidak mampu membedakan yang mana dibagi 10 dan yang dikali 10 diperoleh nilai rata-rata 59,30 dan masuk pada kriteia (Rendah). (2) Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar materi satuan panjang di kelas IV SD Katolik 3 Lau Baleng Tahun Ajaran 2019/2020 adalah rendahnya minat siswa dalam belajar matematika dan juga kurangnya pemahaman dari guru.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Difficulty Learning Mathematics, Long Unit | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2021 09:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Feb 2021 09:11 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1090 |
Actions (login required)
View Item |