ANALISIS KESULITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANAGAN PECAHAN SENILAI SISWA KELA IV SD SWASTA GKPS NO.1 JL. SISINGAMANGARAJA T.A 2019/2020

PURBA, MEI MANDASARI, 1605030364 (2020) ANALISIS KESULITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANAGAN PECAHAN SENILAI SISWA KELA IV SD SWASTA GKPS NO.1 JL. SISINGAMANGARAJA T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa, kesulitan siswa dan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika materi pecahan senilai kelas IV SD Swasta GKPS No.1 Jl.Sisingamangaraja. Penelitian dilaksanakan di SD Swasta GKPS No.1 Jl.Sisingamangaraja Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020 pada tanggal 20 Juni 2020, yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta GKPS No.1 Jl.Sisingamangaraja berjumlah 25 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus persentase, rumus rata-rata dan rumus kriteria penilaian tes. Hasil penelitian yang diperoleh; (1) kemampuan siswa menyelesaikan soal materi pecahan senilai diperoleh rata-rata 67,58 dan termasuk kriteria cukup, (2) kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal materi pecahan senilai yaitu; siswa tidak mampu menyamakan bilangan pecahan yang senilai, kurangnya pemahaman arti pecahan senilai, (3) faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada materi pecahan senilai adalah kurangnya motivasi, rendahnya minat siswa dalam belajar matematika dan juga kurangnya pemahaman dari guru siswa kelas IV SD Swasta GKPS No.1 Jl.Sisingamangaraja Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mathematical Difficulties, Worth Fractions.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heriyanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IIJainal B Togatorop, M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Feb 2021 09:20
Last Modified: 26 Feb 2021 09:20
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item View Item