UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ALAT INDRA MANUSIA DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SD NEGERI 040454 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ELIASNA, 1505030316 (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ALAT INDRA MANUSIA DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SD NEGERI 040454 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (803kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (917kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Word Square pada mata pelajaran IPA materi Alat Indra Manusia dan Fungsinya di Kelas IV SD Negeri 040454 Peceren Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040454 Peceren yang berjumlah 28 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan model Word Square pada mata pelajaran IPA materi Alat Indra Manusia dan Fungsinya di Kelas IV SD Negeri 040454 Peceren Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru 60 dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 66 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar secara individu yaitu 19 siswa tuntas dan siswa yang tidak tuntas 9 orang dari 28 orang siswa, sedangkan ketuntasan klasikal 68% dan nilai rata-rata sebesar 66,4. Hasil penelitian siklus II dengan perbaikan pelaksanaan aktivitas guru diperoleh 80% dengan kategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa memperoleh nilai 88 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu 25 orang siswadan siswa tidak tuntas 3 orang siswa dari 28 orang siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II adalah 89%, dan nilai rata-rata 87,8.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Word Square
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIRestio Sidebang, M.Pd-NIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:54
Last Modified: 24 Nov 2020 09:46
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item View Item