TARIGAN, GLORYA STEPHANI, 1505030207 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 043936 MEREK SITUNGGALING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (719kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (12MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (710kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 043936 Merek Situnggaling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari 19 laki-laki dan 17 perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru adalah 60% dan observasi aktivitas siswa 68, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori cukup, ketuntasan hasil belajar siswa belum tercapai secara klasikal dengan presentase 75% dan rata-rata nilai siswa adalah 56. Sedangkan hasil siklus II diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru meningkat menjadi 79,9% dan observasi aktivitas siswa adalah 88, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa sudah tercapai secara klasikal dengan presentase 89% dan rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 82.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Classroom Action Research (CAR), Learning Outcomes, The Make a Match Learning Model | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2020 04:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Mar 2021 03:59 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/113 |
Actions (login required)
View Item |