GINTING, EMI YUSNITA BR, 1505030411 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD SWASTA ORA ET LABORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (858kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (15MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (842kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran IPA pokok bahasan menggolongkan jenis hewan dilingkungan sekitar berdasarkan jenis makanannyadi kelas IV SD Swasta Ora Et LaboraTahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Swasta Ora Et Labora. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan pada mata pelajaran IPA khususnya pada pokok bahasan menggolongkan jenis hewan dilingkungan sekitar berdasarkan jenis makanannya, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta Ora Et Labora yang berjumlah 29 orang dan sebagai objek penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Scramble. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh data yaitu: hasil observasi aktivitas guru sebesar 59.8% kategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 68 kategori cukup, jumlah siswa yang tuntas secara individu adalah 19 siswa dan yang tidak tuntas secara individu adalah 10 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 65,51% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 34,49% dan nilai rata-ratanya adalah 66,20. Sedangkan pada siklus II diperoleh data yaitu : hasil observasi aktivitas guru sebesar 77,8 kategori baik, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 88 kategori baik, jumlah siswa yang tuntas secara individu ada 25 siswa dan yang tidak tuntas secara individu adalah 4 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 86,20% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 13,80%, dan nilai rata-rata nya adalah 75.17
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning, Learning Outcomes, Learning Model Scramble | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2020 04:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Dec 2020 09:28 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/114 |
Actions (login required)
View Item |