MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD SWASTA ORA ET LABORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

GINTING, EMI YUSNITA BR, 1505030411 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD SWASTA ORA ET LABORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (858kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (842kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran IPA pokok bahasan menggolongkan jenis hewan dilingkungan sekitar berdasarkan jenis makanannyadi kelas IV SD Swasta Ora Et LaboraTahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Swasta Ora Et Labora. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan pada mata pelajaran IPA khususnya pada pokok bahasan menggolongkan jenis hewan dilingkungan sekitar berdasarkan jenis makanannya, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta Ora Et Labora yang berjumlah 29 orang dan sebagai objek penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Scramble. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh data yaitu: hasil observasi aktivitas guru sebesar 59.8% kategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 68 kategori cukup, jumlah siswa yang tuntas secara individu adalah 19 siswa dan yang tidak tuntas secara individu adalah 10 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 65,51% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 34,49% dan nilai rata-ratanya adalah 66,20. Sedangkan pada siklus II diperoleh data yaitu : hasil observasi aktivitas guru sebesar 77,8 kategori baik, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 88 kategori baik, jumlah siswa yang tuntas secara individu ada 25 siswa dan yang tidak tuntas secara individu adalah 4 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 86,20% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 13,80%, dan nilai rata-rata nya adalah 75.17

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Learning Model Scramble
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIJuwita Tindaon, M.Pd-NIDN. 0107108802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:20
Last Modified: 07 Dec 2020 09:28
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/114

Actions (login required)

View Item View Item