ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG LUAS DAN KELILING JAJAR GENJANG SISWA KELAS VII SMP SANTO XAVERIUS 1 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2019/2020

SIMBOLON, ALEX FERNANDO, 1605010009 (2020) ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG LUAS DAN KELILING JAJAR GENJANG SISWA KELAS VII SMP SANTO XAVERIUS 1 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa penyebab kesulitan belajar siswa pada materi luas dan keliling jajar genjang.Lokasi penelitian ini adalah SMP Santo Xaverius 1 Kabanjahe. Sampel yang diambil adalah kelas VII-B sebanyak 30 siswa untuk mendapatkan data kesulitan menghitung luas dan keliling jajar genjang dari instrumen yang diberikan. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk tes tertulis (essay) dan wawancara (interview). Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam menghitung luas dan keliling jajar genjang diproleh rata-rata 66,22 dan dengan mengkonsultasikan kedalam tabel kriteria hasil nilai rata-rata tes siswa termasuk baik dan kesulitan yang dilakukan siswa yang paling banyak adalah pada jenis kesulitan dalam menghitung sebesar 63,3% kemudian kesulitan pada menggunakan dan menerapkan rumus sebesar 36,7%. Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar yaitu faktor intern dan ekstern. Diharapkan guru dalam memberikan materi hendaknya guru matematika memberi kesempatan kepada siswa untuk membuat pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan dengan bahasanya sendiri sehingga komunikasi dan motivasi serta respon siswa benar-benar ada. Sehingga kesulitan siswa pada materi luas dan keliling jajar genjang sedikit teratasi.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty analysis, Area and circumference, Mathematics
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heriyanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IIVera Dewi Kartini Ompusunggu, M.Pd-NIDN. 0121048704
Department: Pendidikaan Matematika
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:07
Last Modified: 09 Mar 2021 08:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1142

Actions (login required)

View Item View Item