ANALISIS KESULITAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TIGA BINANGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NAINGGOLAN, SITI SALMIAH BR, 1605010018 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TIGA BINANGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (363kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (806kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (694kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (918kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (361kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dengan penyebaran angket dan wawancara guru. Instrumen penelitian yang dipakai adalah angket siswa dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bentuk kesulitan belajar siswa kelas VIII yang muncul pada pembelajaran matematika adalah sulit memahami rumus yang digunakan, cepat merasa bosan, dan kurang minat terhadap pembelajaran matematika. Faktor yang menjadi penyebab siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang dimaksud disini adalah faktor yang berasal dari diri sendiri. Misalnya, kecerdasan siswa, kematangan siswa, minat belajar dan motivasi keluarga. Contoh nya kurang motivasi dari keluarga mempengaruhi minat belajar siswa itu sendiri membuat tingkat kemalasan siswa akan bertambah. Sedangkan, faktor eksternal disini adalah faktor yang berasal dari luar seperti lingkungan sosial. Contoh nya yaitu jika siswa kebanyakan bermain diluar lingkungan maka tingkat kemalasan siswa akan lebih meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning difficulties, and mathematics learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing INilam Sari, S.Si., M.Pd-NIDN. 0107048503
Pembimbing IIVera Dewi Kartini Ompusunggu, M.Pd-NIDN. 0121048704
Department: Pendidikaan Matematika
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 09 Mar 2021 09:20
Last Modified: 09 Mar 2021 09:20
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item