ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG VOLUME LIMAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TIGAPANAH TAHUN AJARAN 2019/2020

GINTING, CHARLES JORDAN, 1605010019 (2020) ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG VOLUME LIMAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TIGAPANAH TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan, kesulitan, dan faktor-faktor penyebab kesulitan menghitung volume limas siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tigapanah Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2, yang terdiri dari 29 siswa. Penelitian dilakukan dengan mendatangi rumah siswa yang dijadikan sampel satu persatu. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Alat pengumpul data tersebut sudah divalidasi terlebih dahulu oleh dosen pembimbing I dan II. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan siswa dalam menghitung volume limas. Sedangkan wawancara digunakan untuk mengkonfirmasi kesulitan menghitung volume limas dari hasil tes dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan menghitung volume limas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan siswa dalam menghitung volume limas adalah 59,46 termasuk kedalam kategori rendah. Kemudian, kesulitan paling banyak yang dialami siswa dalam menghitung volume limas adalah kesulitan memahami konsep pythagoras. Selanjutnya disusul kesulitan melakukan perhitungan, kesulitan membedakan tinggi limas dan tinggi sisi tegak, dan kesulitan menentukan rumus. Terakhir, faktor-faktor penyebab kesulitan siswa menghitung volume limas adalah (1) faktor internal meliputi kurangnya minat belajar matematika serta keberanian bertanya yang kurang dan (2) eksternal meliputi kurangnya perhatian orang tua serta guru kurang berimprovisasi dengan cara mengajar daring.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty analysis, Pyramid volume
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 519 Applied mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heriyanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IIDrs. Rusli Tarigan, M.Si-NIP. 195608061993031001
Department: Pendidikaan Matematika
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 10 Mar 2021 08:49
Last Modified: 10 Mar 2021 08:49
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1147

Actions (login required)

View Item View Item