ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KABANJAHE DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TARIGAN, TIO FANTA BR, 1605010005 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KABANJAHE DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (615kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (590kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (599kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (635kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (631kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (588kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial dan menganalisis faktor-faktornya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabanjahe tahun pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan tes, wawancara.Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial:(1)kesulitan dalam memahami soal, yaitu ketidakmampuan siswa dalam menerjemahkan soal yaitu tidak mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan.(2)kesulitan dalam transformasi, yaitu ketidakmampuan siswa dalam menentukan rumus untuk menyelesaikan soal aritmatika sosial.(3)kesulitan dalam proses penyelesaian, yaitu ketidakmampuan siswa siswa dalam melakukan operasi hitung guna menyelesaikan soal aritmatika sosial tersebut. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan yaitu malas membaca soal yang terlalu panjang, sulitnya mencerna kata-kata dalam soal, kurangnya minat siswa dalam belajar matematika, cara belajar siswa yang cenderung menghafalkan materi sehingga konsep tidak jelas, siswa jarang latihan soal-soal, belum memahami operasi hitung dengan baik, motivasi belajar yang rendah, suasana kelas yang kurang kondusif, dan strategi pembelajaran dengan metode ceramah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Arithmetic social, about story, difficulty students
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Rusli Tarigan, M.Si-NIP. 195608061993031001
Pembimbing IIVera Dewi Kartini Ompusunggu, M.Pd-NIDN. 0121048704
Department: Pendidikaan Matematika
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 10 Mar 2021 09:22
Last Modified: 10 Mar 2021 09:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1148

Actions (login required)

View Item View Item