ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG VOLUME PRISMA SEGITIGA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TI GAPANAH TAHUN AJARAN 2019/2020

SINULINGGA, YULI KRISTI BR, 1605010013 (2020) ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG VOLUME PRISMA SEGITIGA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TI GAPANAH TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (543kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (374kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan dan faktor penyebab kesulitan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal menghitung volume prisma segitiga ditinjau dari aspek kesulitan dalam menerapkan konsep, kesulitan dalam kemampuan spasial, kesulitan dalam komunikasi geometris, kesulitan dalam penarikan kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa SMP Negeri 3 Tigapanah kelas VIII-2 yang berjumlah 29 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Setelah data terkumpul maka dihitung rata-rata kemampuan siswa, mencari presentase kesulitannya dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan presentase kesulitan siswa dalam mengaplikasikan rumus terhadap penyelesaian soal. Jumlah siswa yang mengalami kesulitan adalah 20 siswa. Presentase kesulitan dalam tipe ini adalah 68,97%, Kesulitan dalam hal melakukan operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) Jumlah siswa yang mengalami kesulitan dalam kemampuan spasial adalah 11 siswa. Presentase kesulitan dalam tipe ini adalah 37,93%, dan Kesulitan pada hal mencari nilai akar dan masih banyak siswa yang kesulitan bahkan tidak tau menuliskan rumus phytagoras.. Jumlah siswa yang mengalami kesulitan ini adalah 8 siswa. Presentasi kesulitan dalam menyederhanakan bentuk akar adalah 27,59%. Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa, angket, wawancara, observasi bahwa kesulitan dalam kemampuan spasial merupakan kesulitan paling banyak yang dilakukan siswa yang disebabkan siswa kurang mampu memahami konsep prisma segitiga dengan benar dan sikap malas untuk menggambar terlebih dahulu dalam mengerjakan soal.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty Identification, Mathematics Problem calculating the volume of a triangular prism
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 519 Applied mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heriyanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IIDrs. Rusli Tarigan, M.Si-NIP. 195608061993031001
Department: Pendidikaan Matematika
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:23
Last Modified: 12 Mar 2021 02:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item View Item