ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA

GIRSANG, STEVEN JORA SUMANTA, 1605010006 (2020) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (377kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (518kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (606kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (484kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pendidikan merupakan ujung tombak kemajuan sebuah bangsa. Dalam hal ini, apabila pendidikan di suatu bangsa itu baik, maka sumber daya manusia yang dimiliki bangsa tersebut juga berkualitas, baik dalam segi spiritual, intelegensi dan keterampilan. Apabila hasil dalam proses suatu pendidikan gagal maka akan sulit dicapainya kemajuan suatu bangsa. Matematika merupakan mata pelajaran yang mengajak siswa mengasah kemampuan yang dimilikinya. Saat belajar matematika, siswa dituntut memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti dengan menganalisis hasil penelitian sebelumnya terhadap siswa saat pembelajaran matematika, ditemukan bahwa keaktifan belajar siswa cenderung menurun. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor salah satu diantaranya adalah strategi belajar mengajar ekspositori yang diterapkan oleh guru bidang studi, dimana guru mengolah secara tuntas materi sebelum disampaikan dikelas sehingga peserta didik tinggal menerima saja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe jigsaw dalam meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Jigsaw mampu meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa mulai dari yang terendah 1,63 % sampai yang tertinggi 78,56 % dengan rata-rata 30,48 %. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran Hasil penelitan terhadap keaktifan belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Jigsaw dapat berbeda tergantung dari faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning, mathematics, Jigsaw, activeness, cooperative,
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 519 Applied mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IVera Dewi Kristina Ompusunggu, M.Pd-NIDN. 0121048704
Pembimbing IIMuhammad Daliani, M.Si-NIDN. 0128088804
Department: Pendidikaan Matematika
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:45
Last Modified: 12 Mar 2021 02:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1150

Actions (login required)

View Item View Item