MILALA, ARY ANWAR, 1605010014 (2020) ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN RUMUS MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (10MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (215kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (348kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (356kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (9MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (335kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan pemahaman rumusmatematika pada materi kubus dan balok dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan sulitnya pemahaman rumus matematika pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penilitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP sebanyak 30 siswa yang akan dikategorikan menjadi tiga kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi dengan menggunakan nilai ulangan harian dan tes pengkategorian. Kemudian peneliti mengambil masing-masing 1 orang perkategori untuk diberi tes diagnostik dan kembali masing-masing orang per kategori yang akan diwawancarai. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah melihat nilai hasil ulangan harian atau pengkategorian, tes diagnostik dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pemaparan data, analisis tujuan penelitian dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kesulitan pemahaman rumus yang dialami oleh siswa terbagi atas 4 tipe yaitu: (1) Kesulitan pemahaman fakta, (2) Kesulitan operasi dan proses perhitungan, (3) Kesulitan pemahaman prinsip dan (4) Kesulitan pemahaman rumus. Namun berdasarkan hasil persentase keseluruhan tipe yang dialami siswa maka terbukti bahwa kesulitan pemahaman rumus matematika siswa tergolong tinggi dari tiga tipe lainnya, hal ini dapat dilihat dari persentase kesulitan pemahaman rumus siswa pada tabel persentase mencapai 33,3% sementara ketiga tipe lainnya di bawah 10% dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan pemahaman rumus matematika siswa terdiri atas dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematics, Analysis of Understanding of Mathematical Formulas in Cubes and Beams | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 519 Applied mathematics |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikaan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2021 03:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Mar 2021 03:35 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1151 |
Actions (login required)
View Item |