ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN RUMUS MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

MILALA, ARY ANWAR, 1605010014 (2020) ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN RUMUS MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (215kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (356kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (335kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan pemahaman rumusmatematika pada materi kubus dan balok dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan sulitnya pemahaman rumus matematika pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penilitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP sebanyak 30 siswa yang akan dikategorikan menjadi tiga kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi dengan menggunakan nilai ulangan harian dan tes pengkategorian. Kemudian peneliti mengambil masing-masing 1 orang perkategori untuk diberi tes diagnostik dan kembali masing-masing orang per kategori yang akan diwawancarai. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah melihat nilai hasil ulangan harian atau pengkategorian, tes diagnostik dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pemaparan data, analisis tujuan penelitian dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kesulitan pemahaman rumus yang dialami oleh siswa terbagi atas 4 tipe yaitu: (1) Kesulitan pemahaman fakta, (2) Kesulitan operasi dan proses perhitungan, (3) Kesulitan pemahaman prinsip dan (4) Kesulitan pemahaman rumus. Namun berdasarkan hasil persentase keseluruhan tipe yang dialami siswa maka terbukti bahwa kesulitan pemahaman rumus matematika siswa tergolong tinggi dari tiga tipe lainnya, hal ini dapat dilihat dari persentase kesulitan pemahaman rumus siswa pada tabel persentase mencapai 33,3% sementara ketiga tipe lainnya di bawah 10% dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan pemahaman rumus matematika siswa terdiri atas dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Matematics, Analysis of Understanding of Mathematical Formulas in Cubes and Beams
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 519 Applied mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IVera Dewi Kristina Ompusunggu, M.Pd-NIDN. 0121048704
Pembimbing IINilam Sari, M.Si-NIDN. 0107048503
Department: Pendidikaan Matematika
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 12 Mar 2021 03:35
Last Modified: 12 Mar 2021 03:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1151

Actions (login required)

View Item View Item