ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG LUAS DAN KELILING SEGITIGA SISWA KELAS VII SMP NEGERI IV KABANJAHE TAHUN AJARAN 2019/2020

SURBAKTI, RESKANNA ARI YANTA, 1605010011 (2020) ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG LUAS DAN KELILING SEGITIGA SISWA KELAS VII SMP NEGERI IV KABANJAHE TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (918kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (61kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (238kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (420kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan pemahaman siswa tentang konsep materi segitiga pada aspek memahami dan aspek menerapkan. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa dalam mengingat rumus segitiga dan menghubungkan soal dengan rumus yang berkaitan seperti rumus phytagoras.Hal ini disebabkan tidak memahami materi segitiga serta kurangnya minat terhadap pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian diambil dari guru dan siswa kelas VII SMP Negeri IV Kabanjahe. Waktu penelitian pada semester genap tahun 2019/2020. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan waktu. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan aspek memahami dan aspek menerapkan diperoleh kesimpulan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menghitung luas dan keliling segitiga. Faktor penyebab adalah kurang latihan dalam menyelesaikan soal-soal segitiga serta tidak mengingat materi dan rumus. Pemahaman yang lebih luas terhadap materi dapat menuntut hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning difficulties, understanding concepts and triangular formulas .
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heriyanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IINilam Sari, S.Si., M.Pd-NIDN. 0107048503
Department: Pendidikaan Matematika
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 12 Mar 2021 04:07
Last Modified: 12 Mar 2021 04:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1153

Actions (login required)

View Item View Item