MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD SWASTA ORA ET LABORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SEMBIRING, ELSA NOPRIKA BR, 1505030487 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD SWASTA ORA ET LABORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (855kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (839kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Pokok Bahasan Daur Hidup Hewan di Kelas IV SD Swasta Ora Et Labora Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Swasta Ora Et Labora yang berjumlah 29 siswa dan objek penelitian ini melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Pokok Bahasan Daur Hidup Hewan di Kelas IV SD Swasta Ora Et Labora Tahun Pelajaran 2018/2019. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes bentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru 59,81 % atau berkategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa 68 atau berkategori cukup, hasil belajar individu dari 29 siswa yang tuntas 20 orang dan yang tidak tuntas 9 orang, secara klasikal 68,96% yang tuntas dan 31,04% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus ini adalah 67,94 atau berkategori cukup atau belum memenuhi KKM. Sementara pada siklus II, diperoleh hasil pelaksanaan aktivitas guru 80,36% atau berkategori baik, hasil pelaksanaan aktivitas siswa 88, hasil belajar individu dari 29 siswa yang tuntas 25 orang dan yang tidak tuntas 4 orang, secara klasikal 86,20% yang tuntas dan 13,80% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus ini adalah 75.86 atau berkategori baik sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal dan telah memenuhi KKM yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Implementation, Learning Outcomes, Picture and Picture Learning Models
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:29
Last Modified: 28 Jan 2020 02:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item View Item