MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN BENDA DAN SIFATNYA DI KELAS IV SD NEGERI 040538 SAMPUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PURBA, KARLEVI KARBINA BR, 1505030129 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN BENDA DAN SIFATNYA DI KELAS IV SD NEGERI 040538 SAMPUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (781kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (780kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menyelesaikan materi Benda dan Sifatnya dan Pembelajaran Konvensional. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA dan IVB SD Negeri 040538 Sampun dengan jumlah keseluruhan 25 siswa. Objek penelitian adalah penggunaan Metode Demonstrasi, alat pengumpul data yaitu adalah lembar observasi (lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa) dan tes (jenis tes tertuis, dalam bentuk tes uraian), pengujian hipotesis menggunakan uji t. Analisis data yang diperoleh ialah hasil observasi guru siklus I yaitu 60.00% dan meningkat pada siklus II menjadi 75.30%. Nilai hasil observasi siswa pada siklus I yaitu 60 dan meningkat pada siklus II menjadi 80. Ketuntasan klasikal pada siklus I diperoleh 60,00% meningkat pada siklus II menjadi 85.14% Nilai rata-rata pada siklus I 63.14 meningkat pada siklus II menjadi 85.14.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Demonstration Method, Natural Science Learning Objects and Nature
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IIDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:35
Last Modified: 01 Mar 2021 09:19
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item View Item