ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENYELESAIKAN MASALAH BERKAITAN DENGAN PECAHAN CAMPURAN SISWA KELAS IV SD NEGERI NO 101819 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2020/2021

ALVIONITA, VINNY, 1705030080 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENYELESAIKAN MASALAH BERKAITAN DENGAN PECAHAN CAMPURAN SISWA KELAS IV SD NEGERI NO 101819 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER PDF.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (921kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan, apa saja kesulitan siswa dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan campuran. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri No 101819 Pancur Batu Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IV SD yang berjumlah 24 orang dan sekaligus menjadi sampel penelitian. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Dari hasil analisis data dideskripsikan (1)gambaran kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan campuran berkriteria rendah dengan rata-rata 55,67, (2)kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan campuran adalah proses penyelesaian jawaban, tidak dapat membedakan pada soal cerita apakah penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian, menyederhanakan hasil akhir, cara mengubah pembagian ke perkalian pada soal pembagian pecahan campuran, (3)faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal pecahan campuran yaitu siswa tidak mengerti bagaimana cara mengerjakan soal pecahan campuran, serta peran orang tua yang kurang dalam memperhatikan dan mendidik siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mathematics learning difficulties, solving problems related to mixed fraction.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pddosen@gmail.comNIP: 19641210 199203 1 002
Pembimbing IIUlfah Sari Rezeky, M.Pddosen@gmail.comNIDN: 0106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: VINNY ALVIONITA
Date Deposited: 29 May 2021 03:37
Last Modified: 29 May 2021 03:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item