ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN DESIMAL SISWA KELAS V SD NEGERI 040551 LAU PAKAM TAHUN AJARAN 2020/2021

KARO, ARI BR, 1705030034 (2021) ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN DESIMAL SISWA KELAS V SD NEGERI 040551 LAU PAKAM TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (979kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (123kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (307kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (828kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (52kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan, kesulitan dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam menghitung perkalian dan pembagian pecahan desimal. Lokasi penelitian di SD Negeri 040551 Lau Pakam Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi seluruh siswa kelas V SD Negeri 040551 Lau Pakam yang berjumlah 30 sekaligus menjadi sampel penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpul data yang digunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh (1) Kemampuan menghitung perkalian dan pembagian pecahan desimal dengan rata-rata 27,99 termasuk dalam kriteria rendah. (2) Kesulitan menghitung perkalian dan pembagian pecahan desimal yaitu kesulitan untuk mengubah pecahan desimal ke dalam bentuk pecahan biasa, siswa tidak teliti dalam membaca soal, kesulitan dalam melakukan operasi hitung perakalian dan pembagian, siswa kesulitan dalam menempatkan tanda koma, kesulitan dalam menuliskan proses, siswa kesulitan memahami maksut dari soal, siswa tidak bisa membedakan soal cerita perkalian dan pembagian. (3) Faktor penyebab kesulitan menghitung perkalian dan pembagian pecahan desimal yaitu siswa tidak suka belajar matematika, sikap belajar siswa yang cenderung cuek dan kurang disiplin, motivasi belajar rendah, konsentrasi belajar tidak bertahan lama, kemampuan mengingat beberapa siswa rendah, guru memberikan pemahaman yang kurang jelas saat belajar pecahan desimal, sarana prasana di sekolah kurang mendukung dan dukungan dari orangtua masi rendah

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty Calculating Multiplication and Division of Fractions Decimal
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196412101992031002
Pembimbing IIDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196602101992031001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ARI BR KARO
Date Deposited: 07 Jun 2021 09:08
Last Modified: 07 Jun 2021 09:10
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item View Item