ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS III SD NEGERI 050602 KUALA TAHUN AJARAN 2021/2021

LINA, ADE, 1705030060 (2021) ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS III SD NEGERI 050602 KUALA TAHUN AJARAN 2021/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (309kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (462kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (764kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk hasil belajar matematika siswa belum maksimal.Yang bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan dan faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam menghitung operasi hitung campuran bilangan bulat. Penelitian dilaksanakan di kelas III SD Negeri 050602 Kuala Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 050602 Kuala yang berjumlah 21 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunkan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh (1) kamampuan yang dialami siswa dalam menghitung operasi hitung campuran bulat siswa kelas III SD Negeri 050602 Kuala Tahun Ajaran 2020/2021 diperoleh nilai rata-rata 52,13 dengan kriteria kurang mampu. (2) kesulitan yang dialami siswa dalam menghitung operasi hitung campuran bilangan bulat adalah siswa sulit dalam mengubah soal cerita kedalam bentuk matematika, siswa sulit dalam operasi penggurangan dan operasi pembagian. (3) faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menghitung operasi hitung campuran bulat adalah siswa kurang memahami materi, siswa sulit mengubah soal cerita kedalam bentuk matematika, guru belum maksimal menggunakan media pembelajaran, kurangnya perhatian dari orangtua.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Difficulties, Factors that Causing Difficulty in Learning Mathematics
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs.Heryanto, M.Pddosen@gmail.comNIP.196412101992031002
Pembimbing IISiti Rakiyah, S.Pd.,M.Humdosen@gmail,comNIDN.0110058507
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ADE LINA
Date Deposited: 12 Jun 2021 02:25
Last Modified: 12 Jun 2021 02:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1211

Actions (login required)

View Item View Item