ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 043952 SUKARAMAI TAHUN AJARAN 2020/2021

TAMPUBOLON, WINDA APRY YANTY, 1705030067 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 043952 SUKARAMAI TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
(COVER) SKRIPSI WINDA APRY YANTY TAMPUBOLON.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
(ABSTRAK) SKRIPSI WINDA APRY YANTY TAMPUBOLON-11-12 (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (104kB)
[img] Text
(BAB I) SKRIPSI WINDA APRY YANTY TAMPUBOLON-20-25.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (260kB)
[img] Text
(BAB II) SKRIPSI WINDA APRY YANTY TAMPUBOLON-26-37.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (537kB)
[img] Text
(BAB III-V) SKRIPSI WINDA APRY YANTY TAMPUBOLON-38-59.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (0B)
[img] Text
(DAFTAR PUSTAKA) SKRIPSI WINDA APRY YANTY TAMPUBOLON-58-59.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (103kB)
[img] Text
(LAMPIRAN) SKRIPSI WINDA APRY YANTY TAMPUBOLON-60-82.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran kemampuan siswa dalam memahami materi siklus hidup hewan, (2) untuk mengetahui apa kesulitan siswa dalam memahami siklus hidup hewan, (3) untuk mengetahui faktor penyebab sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi siklus hidup hewan di SD Negeri 043952 Sukaramai Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 043952 Sukaramai. Populasi seluruh siswa di Kelas IV SD Negeri 043952 Sukaramai. Sampel penelitian ini adalah siswa di kelas IV SD Negeri 043952 Sukaramai yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara di kelas IV Sd Negeri 043952 Sukaramai. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa (1) gambaran kemampuan siswa dalam memahami materi siklus hidup hewan siswa memperoleh nilai rata-rata 56,96 dengan kriteria rendah. (2) Kesulitan siswa dalam memahami materi siklus hidup hewan adalah siswa sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru, penjelasan yang diberikan guru kurang jelas untuk dimengerti oleh siswa sehingga siswa menjadi sulit untuk memahami materi siklus hidup hewan terutama pada pemahaman materi metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. (3) Faktor penyebab siswa sulit dalam memahami Materi siklus hidup hewan adalah faktor intelegensi siswa (tingkat kecerdasan), sikap siswa, bakat siswa, minat siswa, dan motivasi siswa terutama dalam memahami materi siklus hidup hewan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Learning Difficulties, Science Lessons
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRinci Simbolon, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0121118703
Pembimbing IISiti Zahara H. Harahap, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Winda Apry Yanti Tampubolon
Date Deposited: 12 Jun 2021 02:32
Last Modified: 12 Jun 2021 02:32
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1212

Actions (login required)

View Item View Item