ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI JARAK, WAKTU DAN KECEPATAN SISWA KELAS V SD NEGERI 040551 LAU PAKAM TAHUN AJARAN 2020/2021

SEMBIRING, SISWITA, 1705030028 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI JARAK, WAKTU DAN KECEPATAN SISWA KELAS V SD NEGERI 040551 LAU PAKAM TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (44kB)
[img] Text
BAB I. pdf.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (388kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (912kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan, kesulitan, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan materi jarak, waktu dan kecepatan. Sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 040551 Lau Pakam Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 siswa dan sekaligus menjadi sampel penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh (1) kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi jarak, waktu dan kecepatan termasuk kriteria rendah dengan rata-rata 24,29. (2) kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi jarak, waktu dan kecepatan adalah kesulitan memahami isi soal, siswa tidak dapat menentukan jarak, siswa tidak dapat menentukan waktu dan siswa tidak dapat menentukan kecepatan. (3) faktor penyebab kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi jarak, waktu dan kecepatan adalah siswa kesulitan memahami penjelasan dan maksud soal, siswa tidak paham menggunakan rumus jarak, waktu dan kecepatan, guru kurang maksimal menggunakan media pembelajaran, siswa tidak paham mengubah satuan jarak, waktu dan kecepatan dan kurang perhatian dari orang tua saat belajar dirumah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mathematics Learning Difficulties, Distance, Time, and Speed
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196412101992031002
Pembimbing IITina Sheba Cornelia, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SISWITA SEMBIRING
Date Deposited: 16 Jun 2021 06:57
Last Modified: 16 Jun 2021 06:57
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1215

Actions (login required)

View Item View Item