ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SDN 064020 MEDAN SUNGGAL T.A 2020/2021

SEMBIRING, EKA KRISTIN BR, 1705030014 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SDN 064020 MEDAN SUNGGAL T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL eka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (264kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (316kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (81kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (455kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemapuan, apa kesulitan yang dihadapi dan faktor apa yang menyebabkan kesulitan siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 064020 Medan Sunggal.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 064020 Medan Sunggal berjumlah 27 orang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunkan tes dan wawancara. Berdasarkan dari hasil analisis data diperoleh (1) Gambaran kemampuan siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya berada dalam criteria rendah dengan rata-rata 58,59. (2) Apa kesulitan yang dihadapi oleh siswa adalah bagaian-bagian akar pada tumbuhan, jenis-jenis kara pada tumbuhan, jenis-jenis batang pada tumbuhan, jenis-jenis tulang daun pada tumbuhan, fungsi daun pada tumbuhan, fungsi akar pada tumbuhan, daun kelapa dimanfaatkan manusia untuk membuat, fungsi batang pada tumbuhan, fungsi kambium pada tumbuhan, sehingga berada dalam persentase 71,11% dengan criteria kuat. (3) Faktor apa yang menyebabkan kesulitan siswa, yaitu adanya kesulitan siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang aktif dan materi yang disampaikan hanya satu arah yang berdampak pada hasil belajar siswa rendah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student difficulties, student difficulty factors
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IFrikson Jony Purba, S.Si., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0104048701
Pembimbing IISiti Rakiyah, S.Pd., M.Humdosen@gmail.comNIDN. 0110058507
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: EKA KRISTIN BR SEMBIRING
Date Deposited: 29 Jun 2021 07:14
Last Modified: 29 Jun 2021 07:14
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1217

Actions (login required)

View Item View Item