SEMBIRING, EKA KRISTIN BR, 1705030014 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SDN 064020 MEDAN SUNGGAL T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL eka.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (264kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (101kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (101kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (316kB) |
|
Text
BAB III - V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (197kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (81kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (455kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemapuan, apa kesulitan yang dihadapi dan faktor apa yang menyebabkan kesulitan siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 064020 Medan Sunggal.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 064020 Medan Sunggal berjumlah 27 orang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunkan tes dan wawancara. Berdasarkan dari hasil analisis data diperoleh (1) Gambaran kemampuan siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya berada dalam criteria rendah dengan rata-rata 58,59. (2) Apa kesulitan yang dihadapi oleh siswa adalah bagaian-bagian akar pada tumbuhan, jenis-jenis kara pada tumbuhan, jenis-jenis batang pada tumbuhan, jenis-jenis tulang daun pada tumbuhan, fungsi daun pada tumbuhan, fungsi akar pada tumbuhan, daun kelapa dimanfaatkan manusia untuk membuat, fungsi batang pada tumbuhan, fungsi kambium pada tumbuhan, sehingga berada dalam persentase 71,11% dengan criteria kuat. (3) Faktor apa yang menyebabkan kesulitan siswa, yaitu adanya kesulitan siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang aktif dan materi yang disampaikan hanya satu arah yang berdampak pada hasil belajar siswa rendah.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student difficulties, student difficulty factors | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | EKA KRISTIN BR SEMBIRING | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2021 07:14 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Jun 2021 07:14 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1217 |
Actions (login required)
View Item |