ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MENGERJAKAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA KELAS V SDN 064020 MEDAN SUNGGAL TAHUN AJARAN 2020/2021

PERANGIN ANGIN,RAHWANA, 1705030018 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MENGERJAKAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA KELAS V SDN 064020 MEDAN SUNGGAL TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER__PENGESAHAN_DAFTAR ISI_ sd_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (550kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III sd BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari peneltian ini untuk mengetahui kemampuan operasi hitung penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama, kesulitan siswa dalam operasi hitung penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dan faktor penyebab kesulitan pada materi matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 064020 Medan Sunggal. Populasi adalah seluruh siswa kelas V yang berjulah 32 orang siswa sekaligus sebagai sampel penelitian. Alat pengumpulan tes yang digunakan yaitu tes Essay dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh sebagai berikut: (1) kemampuan menghitung operasi hitung penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama kelas V SDN 064020 Medan Sunggal diperoleh nilai 58,44 dengan kriteria kurang, (2) kesulitan belajar dalam mengerjakan soal operasi hitung penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama terletak pada siswa sulit menyamakan penyebut, dan menyelesaikan pembilang, (3) yang menyebabkan siswa kesulitan dalam mengerjakan operasi hitung penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama adalah siswa kurang paham dalam pembelajaran operasi hitung penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama, orang tua tidak mengajari siswa dalam menyelesaikan tugas.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ANALYSIS, LEARNING DIFFICULITES, PERFORMING OPERATION COUNT SUMS, FRACTIONS CALL NOT SAME
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IFRIKSON JONY PURBA, S.Si., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0104048701
Pembimbing IIKRISTA SURBAKTI, S.Pd., M.Sidosen@gmail.comNIDN. 0110078403
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RAHWANA PERANGIN ANGIN
Date Deposited: 18 Jun 2021 07:37
Last Modified: 18 Jun 2021 07:37
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1223

Actions (login required)

View Item View Item