MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR AND SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040562 KUTAGUGUNG KABUPATEN KARO T.P. 2020/2021

GINTING, SUGESTA, 1405030263 (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR AND SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040562 KUTAGUGUNG KABUPATEN KARO T.P. 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER SUGESTA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK SUGESTA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (278kB)
[img] Text
BAB I SUGESTA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (775kB)
[img] Text
BAB II SUGESTA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III -V SUGESTA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SUGESTA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN SUGESTA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Think Pair And Share pada mata pelajaran IPA dalam Pokok Bahasan Kelompok Benda Berdasarkan Asalnya di Kelas IV SD Negeri 040562 Kutagugung Kabupaten Karo T.P.2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Think Pair And Share. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 040562 Kutagugung Kabupaten Karo T.P. 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040562 Kutagugung sebanyak 22 orang. Yang menjadi objek penelitian adalah model Think Pair And Share dalam pelajaran IPA dengan Pokok Bahasan Kelompok Benda Berdasarkan Asalnya di Kelas IV SD Negeri 040562 Kutagugung Kabupaten Karo T.P. 2020/2021. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Observasi dan Tes.Observasi guru pada siklus I memperoleh nilai 59,4% atau berkategori cukup. Observasi guru pada siklus II memperoleh 71,7 % atau berkategori baik. Observasi aktivitas Siswa pada siklus I memperoleh nilai 68 atau berkategori cukup dan pada siklus II memperoleh nilai 88 atau berkategori baik. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 17 siswa (77,27%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 5 siswa (22,73%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 70,90 . Dari hasil analisis data pada siklus II diperoleh 19 siswa (86,36%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 3 siswa (13,64%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 77,27.Simpulan dalam penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Think Pair And Share berkategori baik dan hasil belajar tuntas secara klasikal kemudian rata-rata hasil belajar meningkat setelah menggunakan model Think Pair And Share pada pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 040562 Kutagugung Kabupaten Karo T.P. 2020/2021 .

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think Pair And Share Model, Science Learning Results.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtera, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SUGESTA GINTING
Date Deposited: 19 Jun 2021 05:16
Last Modified: 19 Jun 2021 05:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item