ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 067246 MEDAN T.A 2020/2021

SIMANJUNTAK, ELMITA MARYANTI, 1705030097 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 067246 MEDAN T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (142kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (638kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (37kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan, kesulitan, dan faktor penyebab yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada tes harian matematika. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 067246 Medan yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data melalui metode alur yang terdiri dari pengumulan data, tahap penyajian data dan penarik kesimpulan.hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 73,08% siswa kesulitan dalam mengerjakan soal operasi hitung campuran dan 26,92% siswa tidak mengalami kesulitan yang signifikan dalam melakukan soal operasi hitung campuran. Dari hasil data tes diperoles siswa mengalami kesulitan-kesulitan dalam pemahaman. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika terdiri dari dua yaitu faktor internal dam faktor eksternal. Dimana faktor internal angapan yang salah terhadap matematika, kurangnya pemahamn siswa , minimnya pengetahuan dasar siswa, ketidaktelitian siswa dalam menjawab pertanyaan. Sedangkan faktor eksternal yaitu kurang banyak memberikan latihan soal matematika, guru tidak menjelaskan kembali kepadaan siswa yang belum mengerti secara perindividu, dan hanya memberikan vidio pembelajaran saja. Dalam membentuk pola pengajaran matematika, guru hendaknya tidak hanya melihat kesulitan siswa dalam mengerjakan soal, tetapi juga mengetahui faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan menyelesaika soal tentang operasi hitung campuran. Kata kunci: Kesulitan Belajar, Operasi Hitung Campuran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning difficulties, Mixed Count Operation.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IFrikson Jony Purba, S.Si., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0104048701
Pembimbing IISiti Zahara H. Harahap, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Elmita Maryanti Simanjuntak
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:57
Last Modified: 22 Jun 2021 05:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item