ANALISIS KESULITAN KEPEMAHAMAN SISWA DALAM MENULIS BERITA SINGKAT PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 067246 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

PINEM, YESSI ELVANTA BR, 1705030086 (2021) ANALISIS KESULITAN KEPEMAHAMAN SISWA DALAM MENULIS BERITA SINGKAT PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 067246 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (131kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (325kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (455kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1. Mengetahui gambaran kemampuan kepemahaman siswa dalam menulis berita singkat pada pelajaran bahasa Indonesia 2. Apa kesulitan kepemahaman siswa dalam menulis berita singkat pada pelajaran bahasa Indonesia 3. Apa faktor penyebab kesulitan kepemahaman siswa dalam menulis berita singkat pada pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067246 Medan dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tekhnik analisa data yang digunakan berupa tes yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 6 soal dan essai sebanyak 6 soal dan wawancara dengan jumlah pertanyaan sebanyak 6 yang telah divalidasi oleh validator. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data diperoleh: 1. Gambaran kemampuan siswa pada soal pilihan berganda dan essai diperoleh nilai rata-rata siswa kelas IV SD Negeri 067256 Medan 60,45 dengan kriteria kurang mampu 2. Kesulitan kepemahaman siswa pada pilihan berganda adalah siswa kurang mampu menyebutkan pengertian 5W+1H dan kesulitan siswa pada essay adalah siswa tidak dapat menentukan 5W+1H dalam suatu berita 3. Dikarenakan guru memberikan materi hanya berupa video saja sehingga tidak semua murid dapat memahami materi yang diberikan oleh guru dan gurupun tidak mengulangi kembali pembelajarannya sehingga membuat siswa kurang memahami pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Difficult, Short News
Subjects: 400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddosen@gmail.comNIP. 19660210199203 1 001
Pembimbing IISiti Zahara H.Harahap, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Yessi Elvanta br pinem
Date Deposited: 22 Jun 2021 07:00
Last Modified: 22 Jun 2021 07:06
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item View Item