ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG BALOK DI SD NEGERI 067246 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

FATMAWATI, LINDA, 1705030050 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG BALOK DI SD NEGERI 067246 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (125kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (212kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (436kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (632kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (125kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan, kesulitan, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada materi volume bangun ruang balok. Penelitian dilakukan di kelas V SD Negeri 067246 Medan tahun pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 067246 Medan yang berjumlah 30 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara, dan teknik analisis data mengunakan statitik deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh: (1) kemampuan siswa pada pembelajaran matematika materi volume bangun ruang balok termasuk kriteria sangat kurang mampu (2) kesulitan siswa pada pembelajaran matematika materi volume bangun volume bangun ruang balok adalah pada operasi hitung perkalian dan pembagian, siswa kesulitan mengkonversikan satuan volume, (3) faktor penyebab kesulitan belajar siswa adalah guru memberikan materi hanya berupa video, guru tidak mengulangi materi pembelajaran, dan kurang perhatian dari orangtua.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Difficulty, Volume of Building Blocks
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IFrikson Jony Purba, S.Si., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0104048701
Pembimbing IITina Cornelia Sheba, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LINDA FATMAWATI
Date Deposited: 22 Jun 2021 07:12
Last Modified: 22 Jun 2021 07:12
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item View Item